Selasa, 06 Desember 2011

Membuat Tombol Exit dengan Macromedia Flash

Holaaa!!
Gue nulis tutorial lagi nih.. Lumayan, share ilmu sambil di tengah-tengah groginya gue belajar buat ulangan matematika ‘en Bahasa Inggris besok. Hehehe.. Masih sama dengan materi dua postingan yang kemarin, gue masih pakek software Macromedia Flash 8 di tutorial ini. Bagusnya, tutorial yang ini bisa dimanfaatin kalau kalian lagi ada tugas bikin presentasi ato game dengan Mac. Flash.
Tutorial ini adalah hasil request dari salah satu temen gue.. Sebenernya sih yang diminta cuma cara ngebuat tombol biar bisa jadi tombol exit. Tapi gue tulis sekalian cara ngasih efek buat tombolnya. Biar lebih kom-pe-le-te gitu.. Hehehe…
Dan this is it tutorial membuat tombol exit dengan Macromedia Flash ala gue. Smoga cepet mudeng (ngerti) yah.. Yuk kita pelajari bareng-bareng.. :)
  1. Setelah buka dokumen baru di Flash, kita buat tombolnya dulu ya.. Pertama-tama buat lingkaran dan kasih simbol X di tengahnya. Kira-kira kayak gini lah.. [kalok perlu, kasih hiasan sekalian biar terkesan lebih tombol.. hehehe..]
 

  1. Setelah itu, buat tuh tombol jadi button. Caranya, blok bunderan si bakal tombol → klik kanan → pilih Convert to symbol.. → beri nama ’tombol exit’ → pilih Button dan biarkan registration tetap pada kondisi Center → OK.
 

 

 

  1. Klik 2 kali pada lingkaran yang udah di button tadi → pilih frame Over → klik kanan → Insert keyframe. Setelah itu, klik kanan pada gambar lingkaran yag sudah dibutton tadi → Convert to symbol... → beri nama ’tombol exit1’ → Movie Clip (registration tetep Center ya...) → OK.

 

  1. Jengjeng.. Saatnya ngasih efek ke button itu. Kali ini, aturan mainnya, kalau tombol/ button tersentuh mouse [halah.. tersentuh bahasanya.. ^ ^] bakal ada efek mengecil dan keluar tulisan exit. Mau tau gimana caranya? Yok kita pelajari... Klik 2 kali pada button yang baru aja di movie clip (yang ada di frame over itu loh...) → blok button dan kecilkan sedikit, usahakan jangan bergeser porosnya → udah? oke! tetep di frame yang sama, kasih tulisan exit di sekitar tombol (pakai yang static text aja.. cara ngubahnya ada di properties) → selesai.. sekarang kembali ke Scene 1.

 
  1. Saatnya isikan script.. Klik pada tombol yang tadi sudah dibuat. Buka Action, dan isikan perintah ini:

  1. Selesai..

Setelah itu, tekan Ctrl+Enter biar otomatis kesimpen file ekstensi .swf nya. Tapi cara nge-cek-nya bukan dengan Ctrl+Enter loh. Yaitu dengan membuka file ekstensi .swf yang tadi udah kesimpen.
Semoga bermanfaat.... ^ ^

16 komentar:

  1. trimakasih banget... ayo lanjutkan.... yg lbih banyak lagi ya materinya... hehe

    fadjzar
    fb: fadz sang pejuang

    BalasHapus
  2. download dimana macromedianya?? tapi yang dah full version n free tentunya...:D
    n itu template blog buat semua ya dari pagenya???
    ajarin donk cara buat foto kayak di atas ndiri...\thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh.. cobak cari di mbah google deh.. hehehe.. soalnya aku juga hasil 'minta-minta' dr temen2 tuh masternya.. hehehe..

      hehehe.. iya.. mencoba buat sendiri..
      ajarin buat animasi itu? hmm.. boleh.. itu cuma main warna doang..

      Hapus
  3. itu kan jadinya file button ektensi .swf (flash). yg pengen aku tanyakan, gmn caranya biar bisa dikasih link buat di blogspot? cos aku udh coba, tapi ga bs nge-link. trus aku cari di google akhirnya bisa nge-link *tapi malah ga gerak (flashnya mati) tolong bantu aku donk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf jwbnya telat (yahh.. malah kayak sms..)
      coba cek postingan saya yg ini
      http://klenthingungu.blogspot.com/2012/03/membuat-button-dengan-macromedia-flash.html

      cara uploadnya yg ini
      http://klenthingungu.blogspot.com/2012/03/memasang-file-ekstensi-dotswf-di-widget.html

      semoga bermanfaat.. ;)

      Hapus
  4. Nice tips.......ditunggu terus tips flash nya ya :)

    BalasHapus
  5. kalo tidak jadi keluar scriptnya gmn min.?

    BalasHapus