Minggu, 25 Desember 2011

Membuat Objek Melebur dengan Macromedia Flash

                Hollaaa.. Gue nulis tutorial lagi nih.. \(ᴖ₀ᴖ\) \( ᴖ₀ᴖ )/ (/ᴖ₀ᴖ)/
Kali ini, nih tutorial bakal ngebahas ‘Objek Melebur’ masih dengan Macromedia Flash. Judulnya aneh ya? Soalnya gue bingung mau kasih judul apa. Hasil dari segala macam proses yang bakal gue tulis adalah kayak gini:



                Gimana? Tertarik? Yuk baca terus!

Awalnya sih ini akibat dari tantangan guru produktif gue pas masih kelas 2. Masih bener-bener baru kenalan sama Macromedia Flash, malah jabatan tangannya aja belom dilepas. Hehehe.. #alay *tepok jidat*. Kami (anak-anak kelas gue maksudnya) disuruh buat tulisan yang bisa berubah kayak gitu, siapa bisa yang bisa bakal dapet hadiah. Otomatis kita langsung nguthik-nguthik tuh Macromedia Flash mulai dari A sampai Z, cuman nggak berhasil. Tapi akhirnya, gue dan temen-temen dapet pelajaran ini dari guru gue yang super hebat itu. Trimakasih buanyak pak!
                Oke cukup! Sekarang kita mulai tutorialnya.. Yuk simak!
1.   Setelah buka dokumen baru di Macromedia Flash, buatlah shape atau tulisan pembuka di stage (lembar kerja). Di sini gue nulis “Selamat Datang di Blog Gue”.


2.      Select shape/ tulisan itu → break apart (Ctrl + B) → break apart [lagi!]
Hasil break apart pertama:

  

Hasil break apart ke-dua:

  

3.   Insert key frame pada tempat terpilih (contoh: di frame 10 → klik kanan → insert key frame). Hapus shape/ tulisan yang secara otomatis ada di frame tersebut setelah di-insert key frame (contoh: setelah di-insert key frame pasti di frame itu (frame 10) ada copy-an shape/ tulisan sama dengan frame sebelumnya (tulisan “Selamat Datang di Blog Gue”), nah, yang di frame 10 tulisan itu dihapus).


4.   Isi frame tersebut dengan shape/ tulisan baru sebagai pengganti tulisan yang tadi. Di sini gue nulis “Klenthingungu.blogspot.com”. Select shape/ tulisan itu → break apart (Ctrl + B) → break apart [lagi!]
  

Hasil break apart pertama:

  

Hasil break apart ke-dua:

  

5.   Klik pada frame pertama (tempat tulisan pertama) → properties (Ctrl+F3) → ubah tween menjadi SHAPE. Well, done! Monggo di cek dengan Ctrl+Enter.




Kalo pengen tampilan perubahannya lebih lama(agak slow motion), ubah frame rate menjadi 5 fps. Terus kalo pengen tulisannya nampil lebih lama, tinggal tambahin key frame.  Contoh: pengen tulisan “klenthingungu.blogspot.com” lebih lama nampil: klik frame tulisan itu berada (tadi di frame 10 kan?) → tekan F6 untuk menambah key frame → tarik hasil penambahan key frame tadi ke 10 sampai 15 frame setelahnya (tarik ke frame 20 atau 25). Kalo buat nampilin tulisan 1 (Selamat Datang di Blog Gue) lebih lama, buat key frame dari tulisan 1 (tapi yang ini nggak di motion tween shape, ganti shape dengan none) dan letakkan pada 10 sampai 15 nomor sebelum frame tulisan 1 yang di motion tween shape. Gampang kan? Kalau kurang jelas, bisa tinggalkan komentar kok..

Semoga bermanfaat..  °\( ᴖ₀ᴖ )/ °

2 komentar: