Senin, 26 Desember 2011

Membuat Nomorator dengan Corel Draw

Ehem!! Masa-masa Prakerin (Praktek Kerja Industri) selama dua bulan [udah agak lamu sih gue prakerinnya, Juli-Agustus..] gue manfaatin buat mengkorek ilmu sebanyak-banyaknya. *trimakasih banyak yah, Pak, buat ilmu panjenengan. :)
Dan Alhamdulillah ya, gue bisa nulis ’sesuatu’ ini. Biar lebih bermanfaat, dan nggak cepet lupa. Semoga aja penjelasan yang sedikit njelimet [njelimet = rumit] ini bisa mudah dimengerti. Yang bakal kita buat adalah penomoran seperti ini:

Tutorial nomorator ini bisa dimanfaatin buat ngasih nomor ke kupon undian, nomor slip, nomor tiket, dan sebagainya. Gimana? Yuk lanjut!
  1. Udah buka corel draw? Pastinya udah dong. Sok atuh buka File → Create/ Load Merge Field. Akan keluar kotak dialog → Create from Scratch → Next.



  1. Isi name a field (ibaratkan name a field itu adalah nama grup nomorator) → Add. Contoh: A → Add ; B → Add ; C → Add, dst.

  1. Centang pada incremental field data → pilih grup yang dibuat.

 

Keterangan:
Start          : awal nomor
End           : akhir nomor dalam grup (ini menentukan jumlah nomor dalam setiap grup, seperti contoh di atas: grup A (grup yang ter-select); Start = 1 ; End = 100. ini berarti dalam grup A terdiri dari nomor 1 sampai 100, jadi terdapat 100 nomor)
Format     : model dan jumlah digit nomor

Catetan: Setelah grup pertama, End tidak harus diisi. Karena bisa secara otomatis mengikuti/ menyesuaikan jumlah nomor per-grup seperti yang sudah di setting dalam grup pertama. Asalkan auto increment dicentang (√ )! Next.

  1. Next → Centang save data setting as → Pilih lokasi → Ubah nama → Save (nge-save-nya dalam format .txt) → Finish.



Oke. Selesai.

Terus cara nge-aplikasi-innya gimana?
Caranya:
  1. Buka halaman yang ingin diberi nomorator. Klik File → Create/ Load Merge Field. Akan keluar kotak dialog → Select from an existing file → Next. Browse data nomorator yang ingin dimasukkan → Next.

Next → next → finish.
Pilih grup nomorator pada kotak Print Merge Field.

  1. Klik insert selected print merge field. Letakkan kursor pada tempat yang ingin diberi nomorator, KLIK!
 

Type, warna dan ukuran huruf bisa diganti sesuai selera.

Nanti hasilnya ketika diprint, nomorator akan berganti nomor secara otomatis. (kotak oren <A> : 1 sampai 100 ; kotak biru <B> : 101 sampai 200 ; kotak hitam <C> : 201 sampai 300 ; dst)

  1. Non-aktifkan insert selected print merge field. Dengan cara klik insert selected print merge sekali lagi.

Selesai….
Semoga bermanfaat.. °\(ᴖ₀ᴖ)/°

2 komentar:

  1. kalau untuk 7 digit (X.0000000) bagaimana pak..????
    karena selama ini saya liat maksimal 6 digit (X.000000)
    thanks atas jawabannya..

    BalasHapus