Senin, 06 Mei 2013

Membuat Kalender dengan Macromedia Flash


Libur dua hari membuat gue bagaikan layangan putus. Linglung nggak tentu arah. Seharian isinya cuman tidur sama sms-an. Huh!
Iseng-iseng gue dapet wangsit buat nge-renovasi blog ini. Gue mulai dengan membuat pernak-perniknya mulai dari header, tombol-tombolnya, sampai animasinya. Saat inilah gue mulai ‘jatuh cinta’ sama script. Caranya yang membuat gue penasaran itulah yang akhirnya menjatuhkan cinta gue. *eh
Di postingan sebelumnya gue emang pernah ngebahas cara buat animasi hari. Tapi sayang, script yang gue posting waktu itu belum sempurna. Jadi di hari minggunya nggak muncul. Yang muncul tulisan malah undefined. Iya kan?
Buat nebus kesalahan gue waktu itu, gue nulis lagi tutorial yang  lebih ‘bener’ dari yang dulu. Yuk simak!

1.       First step, setelah buka halaman baru Macromedia Flash, buat tempat (space) text dengan menggunakan Text Tool (T). Ubah text type-nya menjadi Dynamic Text dan usahakan space ini agak panjang, tujuannya biar bisa muat kalau diberi tanggal, bulan, dan tahun. Ganti instance name menjadi hari_ini. Masalah font type, warna ataupun ukuran, itu sesuai selera kalian (cara ngubahnya, klik kotak (space) yang barusan dibuat, lalu ubah di properties).


2.       Then, buat gambar bebas (tetep di layer yang sama). Disini gue pakai bentuk kotak. Klik kanan pada objek tersebut Convert to Symbol Movie Clip (registrasinya tetep di tengah aja) OK. Tekan dua kali pada objek tersebut, lalu delete dan kembali ke scene 1.


3.       Saatnya ngisi galon script. Klik pada objek yang tadi di movie clip Window Action (atau tekan F9).


Isikan script seperti ini:

onClipEvent (enterFrame) {
        var hariini:Date=new Date ();
        var bulan:String;
        switch (hariini.getMonth())
        {
                        case 0:bulan="Jan";break;
                        case 1:bulan="Feb";break;
                        case 2:bulan="Mar";break;
                        case 3:bulan="Apr";break;
                        case 4:bulan="May";break;
                        case 5:bulan="Jun";break;
                        case 6:bulan="Jul";break;
                        case 7:bulan="Aug";break;
                        case 8:bulan="Sep";break;
                        case 9:bulan="Oct";break;
                        case 10:bulan="Nov";break;
                        case 11:bulan="Dec";break;
        }
        var hari:String;
        switch (hariini.getDay())
        {
                        case 0:hari="Sun";break;
                        case 1:hari="Mon";break;
                        case 2:hari="Tue";break;
                        case 3:hari="Wed";break;
                        case 4:hari="Thu";break;
                        case 5:hari="Fri";break;
                        case 6:hari="Sat";break;
        }
       
        _root.hari_ini.text=hari+","+" "+
        hariini.getDate()+" "+
        bulan+" "+
        hariini.getFullYear();
}

4.       Well, done! Cek dengan cara tekan Ctrl+Enter. Inilah hasilnya:



Berikut penjelasan ala gue (penjelasan ini menurut logika gue sendiri, untuk lebih akuratnya, mohon cari referensi sendiri).


Semoga bermanfaat.. :) (klenthing ungu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar