Selama gue ngikutin
matakulih wajib, gue jadi inget pas pertama masuk SMK. Gue diajarin
langkah-langkah awal dalam mengenal desain pakai Corel Draw. Begitu juga dengan
dosen gue yang super duper keren – Mr. Murtoyo. Beliau ngajarin langkah-langkah
kenal desain bagi pemula dengan sangat mantep!
Tanpa pernah tak
bersemangat, gue ngikutin langkah-langkah itu dengan seksama setiap minggunya.
Inilah yang gue serap dari pelajaran desain di kelas gue:
1. Simple
Objects
Pada
pertemuan pertama pagi itu gue dan temen-temen sekelas yang masih campuran dari
berbagai prodi ini dibuat tercengang-cengang atas kehadiran sesosok monyet di
layar LCD. Why to be like that?
Karena dosen gue yang ajaib ini membuatnya hanya dengan menggabungkan
lingkaran-lingkaran. Fantastic!
Itulah yang ada dalam fikiran kami saat itu.
Beliau
memperkenalkan kami dengan tools sederhana yang ada di Corel Draw dan juga
fungsi masing-masing. Disini praktik secara langsung pun juga dilakukan. Gue
masih inget apa yang dicontohin dulu: sebuah taman wisata dengan mobil, awan,
pohon, pagar yang semuanya dibuat dari shape-shape sederhana (rectangle and ellipse)
dan juga pemainan warna-warna yang ada di palet.
Dalam
pelajaran hari itu, beliau memberikan tugas untuk membuat objek-objek sederhana
minimal 3 buah. Inilah hasil karya gue:
2. Angry
Birds
Minggu
ke dua, pertemuan ke dua. Mr. Murtoyo mengajarkan untuk membuat bentuk meniru
bentuk asli. Harus mirip! Beliau mengajarkan bahwa kelenturan dalam memegang tikus
mouse itu sangat penting dalam hal desain-mendesain.
Beliau
juga mengajarkan bagaimana membuat shape menjadi kurva (caranya dengan Ctrl+Q)
sehingga dapat diubah bentuk dengan shape tool. Sebagai tambahan, beliau juga
mengajarkan shaping (weld, trim, intersect).
Dalam
pelajaran hari itu, beliau memberikan tugas untuk mencontoh dengan sangat mirip
minimal 3 karakter angry bird (telur nggak masuk hitungan ya..). Inilah hasil
karya gue:
3. Symmetrical
Objects
Dipertemuan
ke tiga yang tak kalah mencengangkan, kelas gue diajarin untuk membuat objek
simetris. Awalnya beliau membuat 2 buah garis menyambung, kemudian
meliuk-liukkannya hingga menjadi model setengah dari bentuk hati.
Kemudian
beliau mengaktifkan kurva tersebut dengan shape tool dan menyeleksi 2 ujung
kurva. Klik align nodes →
pilih vertical. Tujuannya untuk membuat ujung kurva sejajar atau lurus.
Setelah
lurus, barulah kurva ini dicerminkan agar menjadi bentuk yang utuh (dengan
menekan Ctrl agar pencerminan sempurna). Beliau melakukan combining dan join.
Cara melakukan combine hanya dengan menyeleksi 2 kurva tersebut dan menekan
Ctrl+L. Kemudian melakukan join. Caranya dengan mengaktifkan shape tool → seleksi pada 2 nodes pertemuan kurva → klik kanan → join (lakukan juga pada titik-titik
pertemuan yang lain). Tujuannya adalah biar kurva ini bisa di warnai.
Gue
masih inget apa yang dicontohin dulu: bentuk love, gelas, gunungan wayang dan
juga logo badman batman. Dalam pelajaran hari itu, beliau memberikan
tugas untuk membuat minimal 3 buah objek benda simetris. Inilah hasil karya
gue:
4.
Lotus
“Desain
itu juga perlu logika dan hitungan matematika,” pesannya, “Tinggal berapa sisi
yang mereka minta, kita menghitungnya.”
Dalam
tugas yang satu ini sangat memerlukan pemikiran serius. Kita harus memikirkan
banyak sisi dan banyak sudut perputaran yang semuanya berawal dari sebuah
lingkaran dan 2 buah garis bantu. (contoh kita dapat tugas membuat gambar bunga
dengan 6 kelopak)
Dalam
membuat 6 kelopak, kita harus menghitung berapa banyak perputaran sudut untuk
setiap kelopak. Penghitungannya seperti ini:
360 (jumlah sudut
dalam lingkaran) : 6 (jumlah kelopak) = 60
Logikanya,
setiap kelopak diberi tempat 60°.
Lakukan copast pada garis, kemudian ubah sudut perputaran salah satu garis
menjadi 30° (karena kita
membuat setenga-setengah, jadi 60°
tadi kita bagi 2).
Lalu,
buat setengah dari model 1 kelopak utuh. Lalu cerminkan dan lakukan combine dan
join. Pindahkan poros kelopak ke perpotongan garis atau di tengah-tengah
lingkaran.
Copast
kelopak tersebut dan ubah sudut perputaran salah satu kelopak menjadi 60°. Lalu copast lagi dan ubah sudut
perputaran salah satu kelopak menjadi 120° (logikanya, setiap perputaran ditambah dengan ‘jatah’
setiap kelopak). Begitu seterusnya. Lakukan combine dan join → hapus lingkaran dan garis bantu.
Inilah
hasil karya gue:
5. Logo
Ini
dia tugas terakhir dalam pelajaran tentang Corel Draw. Di sini kami dibebasin
buat berekspresi membuat brand kita sendiri. Dengan cara, kata, dan model atau
shape apapun, TERSERAH! Yang penting bagus.
Dan inilah hasil karya gue:
Gomawo.. °\( ᴖ ᴖ )/°
Tidak ada komentar:
Posting Komentar