Selasa, 16 Oktober 2012

Meng-COREL DRAW-kan Hati


Selama gue ngikutin matakulih wajib, gue jadi inget pas pertama masuk SMK. Gue diajarin langkah-langkah awal dalam mengenal desain pakai Corel Draw. Begitu juga dengan dosen gue yang super duper keren – Mr. Murtoyo. Beliau ngajarin langkah-langkah kenal desain bagi pemula dengan sangat mantep!
Tanpa pernah tak bersemangat, gue ngikutin langkah-langkah itu dengan seksama setiap minggunya. Inilah yang gue serap dari pelajaran desain di kelas gue:
1.     Simple Objects
Pada pertemuan pertama pagi itu gue dan temen-temen sekelas yang masih campuran dari berbagai prodi ini dibuat tercengang-cengang atas kehadiran sesosok monyet di layar LCD. Why to be like that? Karena dosen gue yang ajaib ini membuatnya hanya dengan menggabungkan lingkaran-lingkaran. Fantastic! Itulah yang ada dalam fikiran kami saat itu.
Beliau memperkenalkan kami dengan tools sederhana yang ada di Corel Draw dan juga fungsi masing-masing. Disini praktik secara langsung pun juga dilakukan. Gue masih inget apa yang dicontohin dulu: sebuah taman wisata dengan mobil, awan, pohon, pagar yang semuanya dibuat dari shape-shape sederhana (rectangle and ellipse) dan juga pemainan warna-warna yang ada di palet.
Dalam pelajaran hari itu, beliau memberikan tugas untuk membuat objek-objek sederhana minimal 3 buah. Inilah hasil karya gue:



2.     Angry Birds
Minggu ke dua, pertemuan ke dua. Mr. Murtoyo mengajarkan untuk membuat bentuk meniru bentuk asli. Harus mirip! Beliau mengajarkan bahwa kelenturan dalam memegang tikus mouse itu sangat penting dalam hal desain-mendesain.
Beliau juga mengajarkan bagaimana membuat shape menjadi kurva (caranya dengan Ctrl+Q) sehingga dapat diubah bentuk dengan shape tool. Sebagai tambahan, beliau juga mengajarkan shaping (weld, trim, intersect).
Dalam pelajaran hari itu, beliau memberikan tugas untuk mencontoh dengan sangat mirip minimal 3 karakter angry bird (telur nggak masuk hitungan ya..). Inilah hasil karya gue:


3.     Symmetrical Objects
Dipertemuan ke tiga yang tak kalah mencengangkan, kelas gue diajarin untuk membuat objek simetris. Awalnya beliau membuat 2 buah garis menyambung, kemudian meliuk-liukkannya hingga menjadi model setengah dari bentuk hati.



Kemudian beliau mengaktifkan kurva tersebut dengan shape tool dan menyeleksi 2 ujung kurva. Klik align nodes pilih vertical. Tujuannya untuk membuat ujung kurva sejajar atau lurus.



Setelah lurus, barulah kurva ini dicerminkan agar menjadi bentuk yang utuh (dengan menekan Ctrl agar pencerminan sempurna). Beliau melakukan combining dan join. Cara melakukan combine hanya dengan menyeleksi 2 kurva tersebut dan menekan Ctrl+L. Kemudian melakukan join. Caranya dengan mengaktifkan shape tool seleksi pada 2 nodes pertemuan kurva klik kanan join (lakukan juga pada titik-titik pertemuan yang lain). Tujuannya adalah biar kurva ini bisa di warnai.



Gue masih inget apa yang dicontohin dulu: bentuk love, gelas, gunungan wayang dan juga logo badman batman. Dalam pelajaran hari itu, beliau memberikan tugas untuk membuat minimal 3 buah objek benda simetris. Inilah hasil karya gue:


4.     Lotus
“Desain itu juga perlu logika dan hitungan matematika,” pesannya, “Tinggal berapa sisi yang mereka minta, kita menghitungnya.”
Dalam tugas yang satu ini sangat memerlukan pemikiran serius. Kita harus memikirkan banyak sisi dan banyak sudut perputaran yang semuanya berawal dari sebuah lingkaran dan 2 buah garis bantu. (contoh kita dapat tugas membuat gambar bunga dengan 6 kelopak)
Dalam membuat 6 kelopak, kita harus menghitung berapa banyak perputaran sudut untuk setiap kelopak. Penghitungannya seperti ini:
360 (jumlah sudut dalam lingkaran) : 6 (jumlah kelopak) = 60
Logikanya, setiap kelopak diberi tempat 60°. Lakukan copast pada garis, kemudian ubah sudut perputaran salah satu garis menjadi 30° (karena kita membuat setenga-setengah, jadi 60° tadi kita bagi 2).



Lalu, buat setengah dari model 1 kelopak utuh. Lalu cerminkan dan lakukan combine dan join. Pindahkan poros kelopak ke perpotongan garis atau di tengah-tengah lingkaran.

        


Copast kelopak tersebut dan ubah sudut perputaran salah satu kelopak menjadi 60°. Lalu copast lagi dan ubah sudut perputaran salah satu kelopak menjadi 120° (logikanya, setiap perputaran ditambah dengan ‘jatah’ setiap kelopak). Begitu seterusnya. Lakukan combine dan join hapus lingkaran dan garis bantu.



Inilah hasil karya gue:


5.     Logo
Ini dia tugas terakhir dalam pelajaran tentang Corel Draw. Di sini kami dibebasin buat berekspresi membuat brand kita sendiri. Dengan cara, kata, dan model atau shape apapun, TERSERAH! Yang penting bagus.
        Dan inilah hasil karya gue:

Gomawo.. °\(   ᴖ )/°

Tidak ada komentar:

Posting Komentar