Kamis, 20 Oktober 2011

Membuat Jam Digital dengan Macromedia Flash 8

            Mumpung masih fresh-fresh-nya nih pelajaran nyangkut di otak gue, jadi mending aku tulis ini jadi tutorial. Biar lebih bermanfaat dan inget terus. Maklum, penyakit sering kambuh alias lupa sering nyangkut di otak. Hehehe.. Kayak gini nih contohnya:
            Semoga sih cepet ’mudeng’ (mudeng = ngerti) dengan tutorial sederhana ini.. Sok atuh kita mulai..

  1. Buka halaman baru macromedia flash 8. Aku sih pakek ukuran 500x500 pixels. Masalah ukuran mah sesuai selera.. (Ngubahnya di properties) 


  1. Ganti nama layer dengan text jam. Kemudian buat tempat (space) teks dengan cara klik Text Tool (T). Ubah text type menjadi Dynamic Text, dan ganti instance name dengan jam_digital. Masalah model font, font size, font color mah juga sesuai selera..



  1. Buat gambar bebas (pada layer yang sama dengan teks). Aku sih menggunakan bentuk kotak. Kemudian klik kanan → Convert to symbol → beri nama script → Movie clip (ubah regristrasi menjadi center) → OK. Klik 2 kali pada objek (yang baru saja di movie clip), lalu delete. Kembali ke scene 1 dengan klik tanda panah biru di atas timeline control, atau dengan klik scene 1



  1. Oke. Selanjutnya adalah tahap memberi action script. Klik pada objek yang tadi di movie clip. Buka actions (Window → Actions, atau dengan menekan F9). Kemudian isikan script seperti dibawah ini:

  1. Kalau udah. Silakan cek dengan cara tekan Ctrl+Enter. Yaps! Tampil kan? Nah, setelah itu tinggal dimodifikasi sendiri mau dikasih tempilan kayak gimana.

Kegunaan dari jam ini adalah bisa sebagai timer (kayak dalam kuis itu loh...), stopwatch, ataupun reminder seperti waktu sholat, pergantian jam pelajaran, dsb (cara buat remindernya bersambung ke postingan berikutnya yah..) tapi dengan syarat komputer yang digunakan nggak boleh mati dan file .swf yang memuat jam itu harus selalu terbuka.
[klenthing ungu]

8 komentar: