Jumat, 30 September 2011

Membuat Efek Batu-bata dengan Photoshop

Lagi-lagi nggak ada niatan buat nulis ini jadi tutorial. Soalnya [lagi-lagi jugak..] ini adalah hasil iseng saya pas nguthik-nguthik Adobe Photoshop. Tapi berhubung nanti daripada aku lupa [maklum lah.. penyakit ini gampang kambuh.. hehehe.. ] aku tulis aja ini jadi tutorial.
Yukk,, capcuusss kita mulai..
  1. Buka lembar kerja baru. Aku menggunakan ukuran 640 x 480 pixels dengan resolusi 72 dpi.

  1.  Ganti nama layer 1 dengan kerangka. Fill lembar kerja dengan warna putih (#FFFFFF). Cara nge-fill-nya masih tetep kok, dengan Shift+F5. pilih pattern overlay pada blending options. Pilih tiles-smooth sebagai pattern dan ubah skala menjadi 144. OK. Lembar kerja kamu akan jadi kotak-kotak kayak buku strimin. Hehehe..

  1. Ini nih step yang kudu TELATEN-ten-ten-ten. Seleksi beberapa kotak, delete. Seleksi lagi beberapa kotak yang lain, delete. Lakukan terus sampai membentuk kerangka bentuk batu-bata.
Kira-kira akan jadi seperti ini.

  1. Seleksi tiap-tiap ruang batu-bata (ruang kosong hasil dari langkah ke 3). Buat layer baru, beri nama, background. Kemudian fill seleksi dengan warna sesuai selera [lhah.. kumat! kayak demo masak lagi..]. Aku menggunakan #949292.

Pilih bevel and emboss pada blending options dengan ketentuan seperti ini.

Jadinya kira-kira seperti ini.


  1. Seleksi beberapa kotak dari layer background. Buat layer baru, beri nama, efek. Isi seleksi dengan warna berbeda dari background. Bisa lebih tua atau lebih muda. Aku menggunakan #7B7A7A.

Beri efek bevel and emboss seperti langkah ke 3.

Hasilnya kira-kira seperti ini.


  1. Langkah terakhir, satukan semua layer dengan klik Layer → Merge Visible. Pilih blending options dengan pengaturan sebagai berikut.
This is it. Efek batu-bata ala aku..

Semoga tutorial yang nggak begitu bagus ini bermanfaat. ^ ^

2 komentar: