Kamis, 05 Januari 2012

Blog, Unlimited Space

          Sebelumnya, kenalin dulu. Gue Diya Aringga. Gue saat ini masih berstatus pelajar kelas XII Multimedia di SMKN 2 Kediri. Ditengah-tengah proses belajar gue yang mendekati ujian akhir, gue sempet-sempetin nulis di blog meskipun itu tutorial sederhana untuk mengekpresikan dunia gue. Karena menurut gue, berbagi itu nggak harus dengan materi, nggak harus dengan face-to-face. Tapi bisa juga dengan blog.
Kalok gue boleh bercerita sedikit nih, gue termasuk tipe orang yang cerewet tapi pemalu. Gue juga baru-baru ini mengenal blog. Mungkin bisa dibilang masih bau kencur. Tapi gue selalu berusaha mengekspresikan diri gue melalui dunia maya ini. Mulai dari membuat postingan tentang dunia gue, sampai merubah layout blog ini menjadi yang gue banget. Dan gue bersyukur banget pas ada yang bilang terima kasih ke gue karena tutorial yang gue tulis di blog ini berguna buat mereka. Itulah yang ngebuat gue selalu ingin berekspresi. Siapa tau dunia gue bisa berguna buat orang lain.
Oke, cukup perkenalannya..
Kenapa gue ngasih judul postingan ini dengan “Blog, Unlimited Space”? Ada yang tau? Yak! Jawabannya adalah *backsound: dururururum* …. Biar keren ajah. Hehehe.. #gubrak
Oke! Gue serius.
Gue ngasih judul postingan ini “Blog, Unlimited Space” karena menurut gue kegiatan nge-blog itu nggak memiliki batasan usia, rupa, terlebih untuk berekspresi. Apapun yang mau kita bagi, apapun yang ada dalam fikiran kita, bisa kita tulis di blog (asal masih dalam etika kita sebagai manusia). Siapapun bisa menulis, dan siapapun bisa membacanya.
Mungkin kalo ditulis iklan untuk blog, hasilnya bakal seperti ini:

Kamu tipekal orang yang pemalu? Sulit meng-ekspresi-kan diri? Blog-lah jawabannya.. Menulislah di blog, dan ekspresikan duniamu!

Tapi, blog nggak hanya untuk orang-orang yang pemalu atau sulit mengekspresikan diri loh. Orang-orang yang jempolan dalam bidang hubungan sosial-pun nggak jarang yang menulis di blog. Menurut sebagian orang, dengan menulis di blog mereka merasa lebih ‘plong’.. (ᵔ ͜ ᵔ)
Nge-blog hampir sama dengan “membuang sampah”. Jangan negative thinking dulu! Maksudnya, blog dapat menjadi tempat mencurahkan apa yang ada dalam dunia kita. Menuangkan segala ide, curhat, dan lain sebagainya. Dengan berbagai cara kita mengungkapkan dan tanpa batasan karakter layaknya situs jejaring lainnya (facebook dan twitter). Atau lebih singkatnya blog itu bisa dikatakan sebagai diary online.
Dan seorang blogger adalah pelaku kehidupan nyata yang memiliki keinginan ekspresi tanpa batas. Blogger seperti seorang wartawan yang selalu ingin tahu, dan selalu ingin menceritakan atau memberitakan semua kejadian yang ia ketahui. Atau bisa dibilang, blogger adalah orang-orang dengan berbagai karakter yang ingin menyampaikan dunianya.
Sebagai seorang pelajar, generasi negeri untuk masa depan, penting bagi kita untuk meng-ekspresi-kan diri. Namun dalam hal ini adalah mengekspresikan diri secara positif. Emosi remaja yang tiba-tiba sering membludak terkadang dapat menjerumuskan kita untuk mengekspresikan diri ke hal-hal negatif, seperti tawuran dan narkoba misalnya. Dari situ, kita mesti tau bagaimana cara kita membentengi diri dari hal-hal negatif itu dengan memperhatikan rules dan direction.
Blogging bagi para pelajar merupakan kegiatan positif untuk memperkenalkan dirinya sebagai ‘good girl/boy’ bukan sebagai ‘bad girl/boy’. Dengan menuliskan dan membagi hal-hal positif di blog kita, kita bisa mempengaruhi ratusan bahkan ratusan ribu orang yang membaca postingan-postingan kita. Karena berbagi informasi juga termasuk dalam proses berekspresi. More u know, more u don’t know. Semakin banyak kamu berekspresi, juga bakal semakin sering kamu ingin berekspresi.
Untuk itu, kebebasan berekspresi haruslah kita pergunakan semaksimal mungkin untuk memperoleh segala sesuatu yang kita butukan untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik. Jadi, nggak perlu lagi kita merasa minder.
Tunggu apa lagi? Ayo mulai berekspresi dengan blog..

1 komentar: